Team Building Games: Prisoner’s Dilemma

prisonerGames training ini biasanya di pakai untuk memahami strategi pemecahan masalah dalam lingkup korporasi, kelompok dan individu; komunikasi, dan konflik versus kerjasama dalam kelompok. Bersumber dari konsep dari “Games Theory” yang sangat terkenal di dunia manajemen

Instruksi

Bayangkan Anda dan tiga orang teman Anda tertangkap polisi karena dituduh melakukan kejahatan A dan B. Kejahatan A sudah terbukti dan kemungkinan besar Anda berempat akan terkena sangsi 2 tahun penjara. Kejahatan B belum terbukti dan vonisnya tergantung pada kesaksian Anda berempat. Jaksa membujuk Anda untuk bersaksi terhadap satu-sama lain. Anda ditempatkan secara terpisah dari teman Anda dan tidak dapat berkomunikasi satu-sama lain.

Aturan main

  • Jika Anda mau bersaksi atas kejahatan Anda dan teman-teman, Anda akan bebas dan tiga teman Anda akan dihukum 6 tahun penjara.
  • Jika dua orang dari empat orang bersaksi, maka yang bersaksi akan mendapat hukuman 1 tahun penjara dan yang tidak bersaksi 5 tahun penjara.
  • Jika tiga orang bersaksi maka yang bersaksi terkena 2 tahun penjara dan yang tidak bersaksi akan mendapat hukuman 4 tahun penjara.
  • Jika empat orang bersaksi maka semuanya dihukum 3 tahun penjara.
  • Jika Anda dan teman-teman tidak bersaksi (4 orang), maka Anda semua terkena akan terkena hukuman 2 tahun penjara.
  • Jadi ada dua pilihan: bersaksi (tidak mau bekerjasama dengan teman) atau tidak bersaksi (bekerjasama dengan teman).
  • Anda harus mendapatkan hukuman yang sekecil-kecilnya.
  • Tujuan dari setiap pemain: mendapat nilai setinggi-tingginya.

Secara singkat aturan main itu adalah:

  • Satu orang bersaksi => bersaksi: bebas; tidak bersaksi: 6 tahun penjara.
  • Dua orang bersaksi => bersaksi: 1 tahun penjara; tidak bersaksi: 5 tahun penjara
  • Tiga orang bersaksi => bersaksi: 2 tahun penjara; tidak bersaksi: 4 tahun penjara
  • Empat orang bersaksi => semua 3 tahun penjara
  • Tidak ada yang bersaksi => semua dua tahun penjara

Aturan main lain

Nilai:

  • 0 tahun penjara = 600
  • 1 tahun penjara = 500
  • 2 tahun penjara = 400
  • 3 tahun penjara = 300
  • 4 tahun penjara = 200
  • 5 tahun penjara = 100
  • 6 tahun penjara = 0

Insight dari permainan

  • Pesan moral: bekerjasama baik jika dan hanya jika kecurangan langsung dihukum. Hasil yang baik dari bekerjasama dapat diperoleh jika semua pihak tidak curang.
  • Bekerjasama akan memberi hasil yang lebih baik untuk semua pihak dibandingkan tidak bekerjasama.
  • Orang yang curang akan mendapatkan keuntungan lebih besar dengan biaya kerugian besar pada orang lain.
  • Orang yang tidak akan ditemui lagi di masa depan, lebih mudah kita curangi/khianati.
  • Orang yang akan ditemui lagi di masa depan, lebih berat kita curangi/khianati karena ada kemungkinan ia membalas dendam terhadap kita.
  • Expectancy di masa depan menjadi pertimbangan bagi tindakan masa kini.


Pertanyaan penting

  • Bisakah orang hidup sendiri?
  • Mungkinkah ada orang yang tak terkait dengan orang lain?
  • Mungkinkah satu orang terus sejahtera dan orang lain terus menderita?
  • Apakah penderitaan orang lain tidak punya pengaruh terhadap kesejahteraan kita?

Pertimbangkan!

  • Bagaimana jika setiap tindakan bekerjasama diberi penghargaan?
  • Bagaimana jika setiap kecurangan atau pengkhianatan diberi hukuman?
  • Bagaimana jika setiap penderitaan orang lain mempengaruhi kesejahteraan kita?

Implikasi Prisoner’s Dilemma

  • Dalam keseharian kita banyak situasi yang analog dengan prisoner’s dilemma.
  • Bisnis: hubungan antara produsen dan konsumen; hubungan antara atasan dan bawahan; hubungan antara pemilik usaha dan pegawai.
  • Cinta dan hubungan interpersonal: hubungan suami-istri; persahabatan; percintaan; hubungan dengan tetangga.

Pikirkan!

  • Bagaimana keadaan dunia jika orang tidak mau bekerjasama?
  • Mungkinkan kehidupan manusia berlangsung tanpa kerjasama?
  • Bisakah kita hidup layak jika orang lain menderita?
  • Bagaimana kita bekerjasama dengan orang yang tak memiliki daya untuk bekerja?
  • Insight yang lain
  • Manusia perlu bekerjasama.
  • Kesejahteraan orang lain penting untuk kita.
  • Saling percaya adalah syarat dari kehidupan bersama.
  • Mementingkan diri sendiri tanpa menghiraukan orang lain membawa kita kepada kerugian. Untuk menjaga diri tetap baik, kita perlu mementingkan orang lain.
  • Kesejahteraan bersama menjadi dasar dari kesejahteraan diri sendiri.

Pelajaran dari Prisoner’s Dilemma

  • Win-win solution bisa dicapai.
  • Xenophobia, rasisme, dsb. menghambat kerjasama dan pencapaian hasil yang baik untuk semua orang yang bekerjasama.
  • Berpikir positif dan tindakan afirmatif memudahkan kerjasama dan pencapaian hasil yang baik.
  • Semakin kita mengenal satu sama lain, semakin besar kepercayaan dan semakin banyak tingkahlaku kooperatif yang ditampilkan.
Share and Enjoy: These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • MisterWong
  • Y!GG
  • Webnews
  • Digg
  • del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • blogmarks
  • Blogosphere News
  • Facebook
  • LinkedIn
  • Squidoo
  • Technorati
  • YahooMyWeb
  • Socialogs
  • email
Posted in: Featured, Games
blank

About the Author:

8 Comments on "Team Building Games: Prisoner’s Dilemma"

Trackback | Comments RSS Feed

  1. blank Bahtiar says:

    Wah permainan baru.. Izin belajar ya Pak, saya juga jadi fasilitator team building di kantor saya. Salam sukses selalu.

  2. blank lisma says:

    saya juga ijin belajar niy…

  3. blank bee_sahaja says:

    wah… matur nuwun sanget buat ilmunya…… semoga semakin banyak khasanah games untuk pelatihan yang bisa dipelajari…… OOOYE

  4. blank ouys says:

    bagus dan aplikatif

  5. mengasah intelektual dan menjadi bahan refleksi

  6. blank jalil says:

    Asslm,
    bagaimana cara pemecahannya tuh pa?

  7. blank Audrey says:

    I visited many web sites but the audio quality for audio songs present at this web page is genuinely marvelous.

  8. walau cm permainan tapi pesan moralnya berat bgt

Post a Comment